Minggu, 29 Januari 2017

Apa itu E-Commerce?

Sumber: premioassiteca
Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan perkembangan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam hal berbelanja. Pada zaman sekarang ini, masyarakat dapat berbelanja secara online di mana mereka cukup mengandalkan koneksi internet dan tidak perlu lagi pergi ke toko-toko konvensional untuk berbelanja. Proses berbelanja dengan menggunakan koneksi internet inilah dikenal dengan istilah e-commerce atau electronic commerce.

Pengertian E-Commerce

Terdapat berbagai pengertian e-commerce menurut para ahli, seperti:
  • Menurut McLeod Pearson (2008: 59), perdagangan elektronik atau e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melakukan proses bisnis.
  • Menurut Shely Cashman (2007: 83), e-commerce merupakan transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik, seperti internet. Siapapun dapat berpartisipasi dalam e-commerce apabila dapat mengakses komputer, memiliki sambungan ke internet, dan memiliki cara untuk membauat barang atau jasa yang mereka beli.
  • Menurut Jony Wong (2010: 33), electronic commerce adalah pembelian, penjualan, dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik, seperti radio, televisi, jaringan komputer atau internet.
  • Menurut Efraim Turban (2012), e-commerce merupakan proses membeli, menjual, atau menukarkan produk, jasa, atau informasi melalui komputer. 
Secara keseluruhan, e-commerce adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet dengan menggunakan website sebagai wadah untuk melaksanakan proses tersebut.

Jenis-jenis E-commerce

  1. Business to Business (B2B): transaksi yang dilakukan oleh antar perusahaan. Contohnya adalah dua perusahaan melakukan transaksi jual beli atau supply barang melalui transaksi online dari internet.
  2. Business to Consumer (B2C) : transaksi yang dilakukan antara pelaku bisnis atau                     perusahaan dengan konsumen atau individu. Contohnya adalah  Tokopedia, Bukalapak, Lazada yang menyediakan tempat untuk para pelaku bisnis membuka toko secara online sehingga dapat melakukan transaksi jual beli dengan konsumen.
  3. Consumer to Consumer (C2C) : transaksi yang dilakukan antara konsumen yang menjual produk atau jasa kepada konsumen lainnya (antar individu). Contohnya adalah eBay yang merupakan perusahaan lelang yang memberikan tempat bagi antar individu untuk melakukan transaksi jual beli.
  4. Consumer to Business (C2B) : transaksi yang dilakukan antara konsumen atau individu            yang menjual produk atau jasa kepada suatu perusahaan. Contohnya adalah priceline.com yang merupakan situs yang memungkinkan seseorang untuk menjual barang kepada perusahaan.

Manfaat E-commerce

Beberapa manfaat dari e-commerce, yaitu:
  1. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
  2. Menurunkan biaya operasional (operating cost)
  3. Melebarkan jangkauan (global reach)
  4. Meningkatkan customer loyalty
  5. Meningkatkan supply management
  6. Mempermudah komunikasi antara konsumen dan produsen
  7. Mempermudah pemasaran dan promosi barang atau jasa
  8. Metode pembayaran yang mudah karena dapat dilakukan secara online


Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar