E-commerce yang semakin populer menyebabkan masyarakat mulai
mengganti pola berbelanja mereka dari konvensional/tradisional menjadi modern
dengan menggunakan teknologi dan internet. Hal ini menyebabkan perbedaan tata
cara dalam berbelanja secara tradisional dan modern. Secara konvensional,
masyarakat akan berbelanja dengan datang ke suatu toko offline untuk membeli berbagai produk maupun jasa. Lalu, bagaimana jika
secara modern, khususnya melalui e-commerce?
Bagaimana cara kerja dan alur kegiatan berbelanja melalui e-commerce? Kali ini akan dibahas cara kerja dan alur kegiatan
berbelanja melalui e-commerce.
Cara Kerja E-Commerce
Ada beberapa poin penting dalam proses kerja e-commerce, antara lain:
- Ada produk yang diperjualbelikan.
- Ada konsumen online yang berminat pada produk yang ditawarkan.
- Ada mekanisme dalam melayani konsumen, dimulai dari sistem mekanisme yang menangani proses katalog dan etalase online untuk menunjukkan produk-produk yang dijual, sistem pembayaran secara digital, hinga sistem inventori (stok produk).
- Ada proses pengiriman barang yang dibeli konsumen ke alamat konsumen.
- Ada penanganan masalah logistik (stok barang) di toko online atau inventori.
Berdasarkan hal tersebut, sistem kerja keseluruhan e-commerce menangani kelima fungsi
tersebut ke dalam sebuah website atau
aplikasi dengan sejumlah menu didalamnya. Oleh sebab itu cara kerj r-commerce dimulai dari konsumen atau
pengunjung (pengguna internet) mengakses website
e-commerce melalui web browser. Lalu, website e-commerce memanfaatkan
database yang dimiliki untuk menyajikan berbagai informasi mengenai
produk-produk yang dijual kepada konsumen atau pengunjung. Setelah konsumen
memilih produk yang hendak mereka beli, website
e-commerce menyiapkan sistem
pembayaran dan pengiriman barang. Selain itu, terdapat sistem tatap muka bagi
administrator. Administrator bertugas untuk mengelola website e-commerce sehingga
administrator melakukan pemantauan terhadap sistem e-commerce, mengawasi transaksi, melayani konsumen, dan lain-lain.
![]() |
Sumber: idkholis |
Alur Kegiatan E-Commerce
Ada 4 komponen penting dalam alur kegiatan e-commerce, yaitu:
- Penjual : pemilik toko online yang menjual berbagai produk melalui e-commerce .
- Konsumen : pembeli produk yang ditawarkan.
- Teknologi : alat-alat yang digunakan untuk menjalankan e-commerce.
- Jaringan komputer (internet) : penghubung antara penjual dan konsumen sehingga dapat terjadi transaksi jual beli.
Alur kegiatan e-commerce dimulai dari konsumen yang
terhubung ke server dan layanan e-commerce
melalui koneksi jaringan komputer (internet) dan web browser. Selanjutnya, pembeli akan melakukan login ke dalam sistem e-commerce atau melakukan pendaftaran teelebih dahulu. Sistem e-commerce akan melakukan penyimpanan data
pendaftaran dan verifikasi pendaftaran. Lalu, pembeli dapat melakukan proses
pencarian produk yang diinginkan pada katalog yang disediakan. Keranjang
belanja virtual juga disediakan untuk membantu pembeli dalam memilih dan
meletakkan produk yang ingin dibeli. Setelah itu, pembeli melakukan pembayaran
secara elektronik melalui sistem yang menangani pembayaran pada website e-commerce, lalu dilakukan
kontak dengan layanan yang diberikan oleh bank. Selama proses pembayaran secara
elektronik, sistem akan mengaktifkan sejumlah teknologi keamanan untuk menjamin
proses pembayaran dapat berlangsung dengan aman dan nyaman. Setelah pembayaran
selesai dilakukan, maka proses berbelanja selesai dan pembeli cukup menunggu
produk yang dibelinya diantar ke alamat tujuan pembeli.
![]() |
Alur kegiatan e-commerce Sumber: idkholis |
Sumber:
http://www.idkholis.com/alur-kegiatan-pada-e-commerce/
0 komentar:
Posting Komentar