Sabtu, 04 Februari 2017

Manfaat dan Keuntungan E-Commerce

             
Sumber: daha.net
         Sadar ataupun tidak sadar, kamu pasti sering berbelanja online, baik melalui toko online (online shop) maupum melalui e-commerce. Hal ini membuktikan bisnis online merupakan bisnis yang diminati oleh banyak pihak, khususnya bisnis e-commerce yang semakin merajalela. Hal ini dikarenakan terdapat manfaat dan keuntungan yang telah dirasakan oleh pemilik usaha maupun konsumen/pembeli e-commerce. Nah, apa saja sih manfaat dan keuntungan e-commerce?

Manfaat dan Keuntungan E-commerce Bagi Pemilik Usaha
  •       Dapat menjual secara global
Ketersediaan e-commerce memungkinkan suatu perusahaan atau pemilik usaha untuk dapat menjual produk mereka kepada konsumen secara luas sehingga konsumennya tak terbatas pada suatu wilayah atau negara tertentu. Hal ini disebabkan karena e-commerce merupakan bisnis yang berbasis online sehingga semua orang yang memiliki koneksi internet dapat berbelanja dengan menggunakan e-commerce. Contohnya, perusahaan tas asal Paris dapat menjual produk tasnya di Indonesia tanpa perlu membuka toko offline di Indonesia.

  •       Mengurangi infrastruktur perusahaan
Pemilik usaha tidak perlu membuka banyak cabang penjualan ataupun distribusi. Namun, ada banyak e-commerce yang tetap membuka gudang penyimpanan atau produksi di berbagai negara untuk mempermudah dalam shipping barang ke konsumen.

  •     Mengurangi biaya perusahaan 
E-commerce membuat pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam menjalankan usahanya. Contohnya, pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk membuka banyak toko dan gedung, pemilik usaha juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menggaji para pegawai, dan pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan biaya promosi yang berlebihan karena promosi dapat dilakukan melalui internet yang biayanya lebih murah. Oleh sebab itu, pengurangan biaya ini dapat meningkatkan keuntungan bersih dari pemilik usaha.

  •      Konsumen yang melimpah
Harga jual dari produk dapat ditekan menjadi semurah mungkin karena beberapa manfaat yang telah disebutkan. Hal ini menyebabkan konsumen menjadi lebih tertarik untuk membeli produk tersebut dan jangkauan pasar yang semakin luas yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat.


Manfaat dan Keuntungan E-commerce Bagi Konsumen

  • Belanja 24 jam/7 hari
Dengan berbelanja menggunakan e-commerce, konsumen dapat melakukan pengecekan, perencanaan, pembelian, ataupun pemesanan barang atau jasa kapan saja dan di mana saja. Berbeda dengan toko offline yang memiliki jam buka dan jam tutup sehingga konsumen tidak dapat berbelanja jika toko sudah tutup. Oleh sebab itu, e-commerce memungkinkan konsumen untuk berbelanja 24 jam selama 7 hari.

  • Menghemat waktu
Konsumen dapat menghemat waktu mereka untuk berbelanja dengan menggunakan e-commerce. Alasannya adalah konsumen atau pembeli tidak perlu datang ke toko secara langsung untuk melakukan pembelian. Konsumen hanya cukup membuka website e-commerce, memilih barang, dan kemudian memesannya.

  •       Harga yang lebih murah
Seperti yang dipaparkan sebelumnya, pengurangan biaya oleh pemilik usaha atau perusahaan menyebabkan harga jual barang atau jasa menjadi lebih murah. Hal ini membuat konsumen merasakan manfaat dan keuntungan dalam berbelanja melalui e-commerce.

  •       Dapat membandingkan dengan lebih akurat
Penggunaan e-commerce menyebabkan konsumen dapat dengan mudah membandingkan banyak produk sekaligus, berbeda dengan toko offline karena toko offline mengharuskan konsumen untuk masuk ke berbagai toko untuk melakuakn perbandingan. Melalui e-commerce, konsuen hanya tinggal mengecek berbagai produk dan melakukan perbandingan dari berbagai toko online atau e-commerce tanpa perlu berpindah tempat.

  •      Dapat melakukan pembelian secara global
Konsumen dapat membeli barang atau jasa yang berasal dari negara-negara luar dari tempat tinggalnya. Hal ini dikarenakan e-commerce merupakan bisnis yang berbasis online. Contohnya, konsumen dapat membeli tas asli dari Paris tanpa perlu harus pergi ke Paris melalui penggunaan e-commerce.

Sumber: http://commeta.co.id/manfaat-dan-keuntungan-menggunakan-e-commerce/

0 komentar:

Posting Komentar