![]() |
Sumber: daha.net |
Manfaat dan Keuntungan E-commerce Bagi Pemilik Usaha
- Dapat menjual secara global
Ketersediaan e-commerce
memungkinkan suatu perusahaan atau pemilik usaha untuk dapat menjual produk
mereka kepada konsumen secara luas sehingga konsumennya tak terbatas pada suatu
wilayah atau negara tertentu. Hal ini disebabkan karena e-commerce merupakan bisnis yang berbasis online sehingga semua orang yang memiliki koneksi internet dapat
berbelanja dengan menggunakan e-commerce.
Contohnya, perusahaan tas asal Paris dapat menjual produk tasnya di Indonesia tanpa
perlu membuka toko offline di
Indonesia.
- Mengurangi infrastruktur perusahaan
Pemilik usaha tidak perlu membuka banyak cabang
penjualan ataupun distribusi. Namun, ada banyak e-commerce yang tetap membuka gudang penyimpanan atau produksi di
berbagai negara untuk mempermudah dalam shipping
barang ke konsumen.
- Mengurangi biaya perusahaan
E-commerce
membuat pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam menjalankan
usahanya. Contohnya, pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk
membuka banyak toko dan gedung, pemilik usaha juga tidak perlu mengeluarkan
biaya yang besar untuk menggaji para pegawai, dan pemilik usaha tidak perlu
mengeluarkan biaya promosi yang berlebihan karena promosi dapat dilakukan
melalui internet yang biayanya lebih murah. Oleh sebab itu, pengurangan biaya
ini dapat meningkatkan keuntungan bersih dari pemilik usaha.
- Konsumen yang melimpah
Harga jual dari produk dapat ditekan menjadi semurah
mungkin karena beberapa manfaat yang telah disebutkan. Hal ini menyebabkan
konsumen menjadi lebih tertarik untuk membeli produk tersebut dan jangkauan
pasar yang semakin luas yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat.
Manfaat dan Keuntungan E-commerce Bagi Konsumen
- Belanja 24 jam/7 hari
Dengan berbelanja menggunakan e-commerce, konsumen dapat melakukan pengecekan, perencanaan,
pembelian, ataupun pemesanan barang atau jasa kapan saja dan di mana saja. Berbeda
dengan toko offline yang memiliki jam
buka dan jam tutup sehingga konsumen tidak dapat berbelanja jika toko sudah
tutup. Oleh sebab itu, e-commerce memungkinkan
konsumen untuk berbelanja 24 jam selama 7 hari.
- Menghemat waktu
Konsumen dapat menghemat waktu mereka untuk berbelanja
dengan menggunakan e-commerce.
Alasannya adalah konsumen atau pembeli tidak perlu datang ke toko secara langsung untuk melakukan
pembelian. Konsumen hanya cukup membuka website
e-commerce, memilih barang, dan
kemudian memesannya.
- Harga yang lebih murah
Seperti yang dipaparkan sebelumnya, pengurangan biaya
oleh pemilik usaha atau perusahaan menyebabkan harga jual barang atau jasa
menjadi lebih murah. Hal ini membuat konsumen merasakan manfaat dan keuntungan
dalam berbelanja melalui e-commerce.
- Dapat membandingkan dengan lebih akurat
Penggunaan e-commerce
menyebabkan konsumen dapat dengan mudah membandingkan banyak produk sekaligus,
berbeda dengan toko offline karena
toko offline mengharuskan konsumen
untuk masuk ke berbagai toko untuk melakuakn perbandingan. Melalui e-commerce, konsuen hanya tinggal mengecek
berbagai produk dan melakukan perbandingan dari berbagai toko online atau e-commerce tanpa perlu berpindah tempat.
- Dapat melakukan pembelian secara global
Konsumen dapat membeli barang atau jasa yang berasal
dari negara-negara luar dari tempat tinggalnya. Hal ini dikarenakan e-commerce merupakan bisnis yang
berbasis online. Contohnya, konsumen
dapat membeli tas asli dari Paris tanpa perlu harus pergi ke Paris melalui penggunaan
e-commerce.
Sumber: http://commeta.co.id/manfaat-dan-keuntungan-menggunakan-e-commerce/
0 komentar:
Posting Komentar