Minggu, 29 Januari 2017

E-Commerce VS E-Business

        
Sumber: thinkinghut
         Segala kegiatan bisnis di internet sering kali dianggap sebagai e-commerce. Pada kenyatannya, e-commerce hanya kegiatan yang terbatas pada transaksi jual-beli yang terjadi melalui internet, sedangkan segala kegiatan bisnis di internet yang non-tunai disebut sebagai e-business. Umumnya, masyarakat sering menyamakan antara e-commerce dan e-business. Namun, pada kenyataannya kedua hal tersebut merupakan hal yang berbeda. Lalu, apa sih perbedaan antara e-commerce dan e-business?

E-commerce

Sumber: huffingtonpost
Berdasarkan pengertian e-commerce yang telah ditulis sebelumnya (Apa itu E-Commerce?), e-commerce memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • E-commerce menggunakan prinsip jual beli dan transaksi secara elektronik.
  • E-commerce melayani proses pemindahtanganan atau jual beli suatu barang atau jasa
  • Prinsip e-commerce adalah prinsip jual beli barang di mana e-commerce berfokus pada kegiatan jual beli barang, proses transaksi, serta perputaran uang hasil jual beli.
  • E-commerce memiliki berbagai bentuk, seperti situs web dengan alamat website sendiri atau dalam bentuk toko online yang mengunakan media sosial.

Oleh sebab itu, beberapa contoh dari e-commerce adalah Alibaba, Tokopedia, eBay, Amazon, Lazada, Zalora, dan lain sebagainya.

E-business

Sumber: freepik
      Menurut Efraim Turban (2012), e-business merupakan definisi yang lebih luas dari e-commerce yang tidak hanya proses jual beli suatu produk atau jasa, namun juga melayani pelanggan, berkolaborasi dengan rekan bisnis, dan mengadakan transaksi elektronik dalam suatu organisasi. Oleh sebab itu, e-business merupakan suatu layanan bisnis yang mencakup wilayah bisnis yang luas, tidak hanya penjualan, tapi proses-proses bisnis seperti proses produksi, proses marketing dan pemasaran, jaminan after sales, hingga pengembangan suatu produk atau jasa. Secara umum, e-business merupakan bisnis yang dikembangkan dan diletakkan pada sistem elektronik, yaitu jaringan komputer dan jaringan internet. Oleh sebab itu, ciri-ciri e-business adalah:
  • E-business memiliki cakupan bisnis yang lebih luas
  • Biasanya, e-business memiliki kantor pusat atau perwakilan untuk me-manage bisnis yang dikembangkan
  • E-business yang memiliki cakupan yang luas menyebabkan e-business memiliki tim pemasaran, tim IT dan maintenance, dan lain sebagainya.
  • E-business dapat dipandang sebagai keseluruhan bagian dari sebuah situs yang menawarkan e-commerce.
      Oleh sebab itu, contoh-contoh e-commerce, seperti Tokopedia, Lazada, dll dapat dimasukkan sebagai contoh dari e-business. Hal ini disebabkan karena keseluruhan sistem dari situs e-commerce tersebut dapat digolongkan menjadi e-business.

Perbedaaan E-commerce dan E-business

    Berdasarkan penjelasan di atas, e-commerce dan e-business dapat dibedakan dengan mudah. Berikut ini beberapa perbedaan kedua hal tersebut:
  1. E-business mecakup bagian bisnis secara luas (seperti pemasaran, perancangan produk, dll), sedangkan e-commerce hanya terbatas pada proses jual beli (transaksi keuangan) yang dilakukan secara elektronik di suatu situs.
  2. E-commerce merupakan bagian dari e-business. Oleh sebab itu, e-business merupakan suatu bagian yang besar di mana didalamnya terkandung e-commerce.
  3. E-businesss membutuhkan pertimbangan dari berbagai aspek dalam menjalanakan bisnis, seperti aspek pemasaran, produksi, dan lain sebagainya, sedangkan e-commerce hanya membutuhkan pertimbangan dalam segi penjualan dan transaksi bisnis saja.
    

0 komentar:

Posting Komentar