Sabtu, 11 Maret 2017

idEA, Asosiasi E-Commerce Indonesia



Perkembangan e-commerce di Indonesia menyebabkan Indonesia menjadi pasar yang sangat menarik bagi para pelaku e-commerce. Perkembangan ini menyebabkan dibutuhkannya suatu organisasi untuk menjembatani hubungan antar para pelaku e-commerce. Hal ini menjadi alasan di mana di Indonesia didirikannya suatu asosiasi e-commerce yang dikenal dengan nama idEA.

Apa itu idEA?

idEA merupakan singkatan dari Indonesia E-Commerce Association (Asosiasi E-Commerce Indonesia). Tujuan didirikannya idEAd adalah untuk mewadahi hubungan dan komunikasi yang efektif antar pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Tidak hanya itu, idEA juga menjadi organisasi yang mendukung komunikasi dengan pemerintah dalam hal regulasi terkait dengan kepentingan industri e-commerce sehingga kondisi e-commerce di Indonesia diharapkan dapat berkembang dengan maksimal. Asosiasi ini resmi berdiri pada bulan Mei 2012 di Jakarta oleh 10 bisnis e-commerce besar yang menjadi penggagas idEA, yaitu Blibli.com, Berniaga.com, TokoBagus (OLX), Bhinneka, DealGoing, Kaskus, Multiply, Gramedia, Plasa, dan Tokopedia.

Visi dan Misi idEA

Dengan adanya idEA, maka para pelaku e-commerce diajak untuk memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui industri e-commerce. Dalam jangka panjang, idEA hendak menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi berbasis digital terbesar di Asia Tenggara. Oleh sebab itu visi dan misi dari idEA adalah:

Visi:
  • Memberikan kontribusi terhadap perkembangan ekonomi dan pemerataan kekayaan Indonesia melalui aktivitas E-Commerce.
  • Menjadikan fasilitas E-Commerce tersedia bagi semua pengguna Internet di Indonesia.
  • Menjadikan Indonesia sebagai basis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Misi:
  • Melakukan kegiatan edukasi yang meluas tentang e-commerce.
  • Melakukan kegiatan promosi yang menyeluruh tentang e-commerce.
  • Mengembangkan sumber daya manusia bidang e-commerce.
  • Mengembangkan teknologi yang superior yang dapat mendorong kesuksesan industri e-commerce.

Manfaat Menjadi Anggota idEA

Dengan melalui visi dan misi yang hendak dicapai tersebut, maka tidak ada alasan bagi para pelaku e-commerce di Indonesia tidak bergabung dengan idEA. Berikut ini merupakan beberapa manfaat menjadi anggota idEA:
  • Mendapat prioritas untuk menjadi yang terdepan dalam mengakselerasi keputusan yang berkaitan dengan regulasi pengembangan industri.
  • Menerima berita terbaru yang berkaitan dengan perkembangan industri e-commerce di Indonesia, mulai dari rancangan regulasi, penetapan regulasi dan informasi industri lainnya.
  • Menerima setiap informasi keterlibatan Asosiasi di tingkat regional dan internasional.
  • Berhak untuk menghadiri acara eksklusif denganpeserta terbatas, baik yang bersifat pelatihan, pameran maupun pendidikan, dengan mitra idEA.
  • Berkesempatan untuk mengembangkan kontak bisnis dan jaringan dengan para pemain utama industri e-commerce di Indonesia.

Kegiatan yang Dilaksanakan

Sejak tahun 2012, idEA mulai mengadakan sejumlah event-event yang berkaitan dengan dunia e-commerce dan ketenagakerjaan, seperti event pameran, workshop, seminar UKM, job fair, studi kasus, dan lain sebagainya. Perkembangan e-commerce tidak hanya berfokus pada inovasi digital, tetapu juga harus memperhatikan faktor-faktor lainnya, seperti kualitas sumber daya manusia dan dukugan-dukungan dari berbagai bisnis kecil. Oleh sebab itu, kegiatan-kegiatan yang edukatif dan kerja sama terus dilakukan untuk memajukan e-commerce di Indonesia. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh idEA dapat dilihat di sini.

Anggota idEA

Anggota yang telah bergabung di idEA dimulai dari berbagai sektor bisnis, seperti bank, situs iklan (classified ads), dailydeals, infrastruktur, marketplace, bisnis retail online, dan lain sebagainya. Untuk anggota-anggota idEA dapat dilihat di sini.


Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar