Sabtu, 11 Maret 2017

5 Tips Membuat Situs E-Commerce Menjadi Sukses

Related image
Sumber: hostpapa
Bisnis e-commerce terus mengalami peningkatan yang cukup pesat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal ini menyebabkan kemunculan banyaknya pelaku-pelaku di bidang industri ini. Untuk tetap dapat bertahan atau bahkan 'menang' di industri ini, maka ada beberapa tips yang dapat membantu para pelaku industri e-commerce menjadi sukses

1. Jangan Terburu-buru Merilis Situs E-Commerce

Salahs satu kesalahan terbesar yang menyebabkan suatu e-commerce menjadi gagal adalah terburu-buru untuk merilis website e-commerce. Para pelaku e-commerce hanya memiliki satu kali kesempatan untuk merilis website mereka. Hal ini menyebabkan para pelaku harus mempersiapkan berbagai keperluan untuk membangun bisnis ini dengan sangat siap untuk diluncurkan ke pasar, dimulai dari SEO, content marketing, media sosial, iklan berbayar, dan lain sebagainya. Jika pelaku ingin merilis situsnya, maka lebih baik mereka untuk memberikan suatu informasi seperti halaman "Coming Soon" pada situs mereka.

2. Fokus kepada Pengguna

Kelemahan dari berbelanja melalui e-commerce adalah para pembeli tidak dapat menyentuh, merasakan, mencium, dan melihat produk yang hendak mereka beli. Dengan belum adanya solusi untuk mengatasi masalah ini, maka para pelaku e-commerce dapat memberikan kompensasi untuk para pelanggannya, seperti memberikan harga jual yang pantas, gratis pengiriman, bahkan memberikan proses checkout yang memudahkan pembeli.

3. Melakukan Tes

Baik sebelum, selama, maupun sesudah para pelaku e-commerce merilis situs e-commerce mereka, maka mereka perlu berinvestasi pada testing and analytics. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana para pembeli melakukan pembelian di situs mereka dan masalah apa yang dapat muncul sehingga dapat diatasi dengan cepat.

4. Pergunakan Aspek-aspek Sosial

Media sosial merupakan hal yang sangat membantu dalam hal bisnis. Oleh sebab itu, penggunaan sosial media dengan efektif dapat meningkatkan penjualan dari e-commerce. Selain itu, aspek-aspek sosial lain yang dapat dipergunakan adalah review dari konsumen dan testimoni yang dapat membantu meningkatkan penjualan dari situs e-commerce.

5. Mobile-Commerce

Bill Siwicky mengatakan bahwa penggunaan tablet akan memainkan peran yang sangat penting di dunia karena terjadinya peningkatan pembelian secara online dari $204 milyar pada tahun 2014 menjadi diprediksi $626 milyar di 2018. Oleh sebab itu, penggunaan dan pengubahan industri e-commerce ke mobile akan dapat membantu meningkatkan penjualan ke tahun-tahun depan.


Sumber: 

0 komentar:

Posting Komentar